Manfaat Temu Kunci untuk Kesehatan

 Flu, Penyakit Ringan, Sakit Tenggorokan

temukunciTemu kunci adalah jenis tanaman temu-temuan dan termasuk dalam golongan tanaman rimpang. Temu kunci memiliki aroma yang sangat khas dan sangat harum. Karena itulah temu kunci sering digunakan untuk memasak sayut bayam karena bisa menimbulkan aroma yang menyegarkan. Tanaman ini dapat tumbuh subur di berbagai jenis iklim seperti Indonesia. Khasiat temu kunci sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai tanaman obat. Berikut ini manfaat temu kunci untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Temu Kunci untuk Meringankan Gejala Flu

Flu memang membuat badan menjadi sangat tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sipenderita untuk beraktifitas seperti biasa. Tubuh akan lebih sering demam, nyeri pada tenggorokan, perut kembung dan mual serta pusing di kepala. Jika Anda mengalami hal ini maka Anda dapat menggunakan temu kunci sebagai obat alami yang aman dan berkhasiat. Cara meramunyapun sangat mudah, Anda bisa memakai satu ruas temu kunci kemudian haluskan. Campurkan dengan garam atau minyak yang hangat kemudian oleskan pada perut atau dahi. Anda bisa memakainya menjelang tidur dan saat bangun pasti badan sudah segar kembali. Obat ini juga aman untuk digunakan untuk bayi dan anak-anak.

Temu Kunci untuk Obat Sariawan

Sariawan bisa membuat badan menjadi tidak nyaman dan tentunya sangat mengganggu aktifitas anda sehari-hari. Sariawan biasanya akan timbul pada mulut atau bagian bibir. Sariawan dapat muncul karena panas dari dalam tubuh yang tidak bisa keluar atau biasa disebut dengan panas dalam. Selain menggunakan obat sariawan yang banyak terdapat diwarung ada cara alami untuk mengobati sariawan, Anda bisa memakai temu kunci. Ambil beberapa temu kunci yang masih segar kemudian cuci hingga bersih. Rebus temu kunci dengan air sebanyak tiga gelas. Biarkan mendidih dan sisakan satu gelas saja. Gunakan larutan temu kunci ini sebagai cairan untuk membersihkan mulut. Gunakan air ini untuk kumur-kumur sebanyak dua kali sehari. Biarkan sariawan sembuh perlahan dengan temu kunci.

Related Posts