Memanfaatkan Jahe Sebagai Obat Tradisional

 Sakit Kepala, Wanita

Memanfaatkan Jahe Sebagai Obat Tradisional

Tanaman Jahe

Jahe sudah dipakai sebagai obat tradisional sejak lama. Pada jaman dahulu orang tua selalu menanam jahe di pekarangan karena bisa digunakan sebagai tanaman obat maupun bumbu masakan. Jahe adalah tanaman rimpang yang dapat tumbuh di tanah keras, gembur maupun tanah liat. Jahe atau istilah dalam kesehatan disebut dengan Zingiber officinale memiliki aroma yang sangat khas dan kaya dengan kandungan nutrisi seperti senyawa keton. Berikut ini adalah beberapa manfaat jahe sebagai tanaman obat.

Meredakan Nyeri Haid
Saat haid biasanya wanita akan merasa kurang nyaman pada bagian perut bawah. Hal ini disebabkan karena ada pendarahan yang terjadi pada bagian rahim yaitu darah haid. Untuk meredakan nyeri haid maka Anda bisa mengambil satu ruas jahe sekitar 3 cm. Rebus jahe dengan air segar sebanyak empat gelas dan biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Kemudian minum air rebusan jahe saat masih hangat. Jahe yang mengandung gingerol akan meringankan nyeri haid dan menghilangkan perut kembung.

Meringankan Sakit Kepala
Sakit kepala adalah penyakit yang sangat menganggu. Anda mungkin tidak dapat beraktifitas seperti biasa ketika sedang sakit kepala. Jika Anda memiliki tanaman jahe maka ambil jahe segar kemudian bakar atau sangrai sebentar sekitar satu menit saja. Kemudian gepuk jahe dan gunakan untuk membuat minuman hangat. Anda bisa mencampurnya dengan madu atau the. Jahe terbukti mengandung senyawa prostaglandin yang bisa menyembuhkan sakit kepala. Jadi, jangan segan untuk menghilangkan sakit kepala dengan jahe.

Related Posts