Mengkudu Untuk Menyembuhkan Radang Payudara

 Payudara

Radang payudara sering dialami oleh ibu-ibu setelah melahirkan. Bagi para ibu yang baru pertama kali melahirkan, terkadang belum mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi payudara meradang pasca melahirkan. Untuk itu penting untuk diketahui bahwa payudara meradang bisa disembuhkan dengan cara tradisional yaitu dengan buah mengkudu. Pada saat kita mengalami radang payudara kita telah mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya.

Gejala Radang Payudara

Pada saat awal peradangan pada payudara biasanya disertai gejala-gejala antara lain demam, kemudian di ikuti nafsu makan yang  berkurang, payudara kerap kali bengkak dan terasa sakit. Jika mengalami peradangan payudara yang disertai gelala-gejala tersebut akan mengganggu aktivitas ibu untuk menyusui bayinya. Selain itu peradangan payudara bisa menyebabkan air susu ibu tidak keluar dengan lancar. Sehingga diperlukan perawatan agar payudara tidak meradang setelah melahirkan.

Khasiat Mengkudu

Mengkudu untuk menyembuhkan radang payudaraUntuk mengatasi radang payudara dapat dilakukan secara tradisional dengan buah mengkudu. Dalam buah mengkudu mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti protein, vitamin dan mineral. Selain itu mengkudu memiliki zat terpenoid yang berfungsi memperbaiki sel-sel tubuh. Sehingga mengkudu ini baik untuk menyembuhkan radang payudara.

Cara menyembuhkan radang payudara dengan mengkudu

Berikut adalah cara menyembuhkan radang payudara dengan mengkudu:

Bahan-bahan:

  1. 2 buah mengkudu yang telah masak
  2. 1 sendok madu murni
  3. 3 lembar daun selasi
  4. 2 sendok garam yang diaduk dengan air secukupnya

Cara membuat:

Cuci buah mengkudu hingga bersih, selanjutnya haluskan buah mengkudu tadi dengan cara di parut. tambahkan sesendok madu kedalam adonan buah mengkudu yang telah diparut, aduk hingga madu dan parutan buah mengkudu menyatu rata. Lakukan penyaringan dari adonan buah mengkudu dan madu tadi agar diambil airnya saja, kemudian minum air saringan dari adonan mengkudu dan madu tersebut tiga kali sehari. Sedangkan untuk pengolahan dari daun selasi cukup dengan dibakar kemudian ambillah abunya kemudian taruh pada wadah, lalu tuangkan air garam ke dalam wadah yang sudah ada abu tadi. Oleskan ramuan tersebut pada bagian yang terasa sakit. Dianjurkan untuk mengoleskan ramuan ini setiap dua kali dalam sehari.

Radang payudara bisa disembuhkan dengan cara tradisional dan mudah. Jadi tidak perlu risau lagi ketika Anda mengalami radang payudara setelah melahirkan. Jika ada kerabat anda pada masa pasca melahirkan Anda bisa membagikan tips tersebut